Kamis, 16 Februari 2012

Manusia Hebat

Seringkali kita salah kaprah..menganggap seorang manusia hebat adalah manusia yang pakaiannya bagus,kemunculannya bisa membuat orang terkagum-kagum, setiap ucapannya di dengar orang, bisa menciptakan ini dan itu..begitupun sudut pandang saya tentang manusia hebat..


Hingga suatu pagi saat saya bersama suami sedang melaksanakan misa pagi di gereja..perhatian kami pada Romo yang sedang berbicara di mimbar teralihkan oleh tingkah laku seorang anak autis hyperaktif usia sekitar 7 atau 8 tahun, kalo ada yang udah nonton film My name is Khan..kurang lebih kayak gitu deh kelakuannya, hanya aja anak ini hyperaktif banget kalo Khan mungkin autis jenius kali ya.. Baik Ayah maupun Ibu di anak Hyperaktif ini keliatan sangat sabar perlakukan anaknya..padahal sang anak berteriak dengan suara nggak jelas membuat orang di sekitarnya terganggu, tingkah lakunya apalagi..saat itu saya langsung tersentuh melihat kedua orangtua si anak sama sekali tak terlihat malu..tetap dengan lembut bergantian memeluk anaknya berusaha menenangkan, tak mempedulikan tatapan iba maupun sebel orang-orang di sekitar mereka, sama sekali tak terlihat ekspresi lelah atau tak sabar menghadapi si anak yang bisa dikategorikan kurang normal.


Hati saya jadi sedikit teriris..teringat kedua buah hati saya yang sangat normal, sehat, lucu dan pintar. tara yang tanggal 26 Maret ini 6 tahun dan Tj yang tgl 10 April ini genap 5 tahun..mereka lagi bandel-bandelnya..kalau saya atau suami lagi kecapekan dan mereka buat ulah yang bikin tanduk berdiri,nggak jarang kami ngomelin mereka,pernah cubit pantatnya..mengingat ini, rasanya hati sedih banget..untungnya si bungsu Loly tanggal 9 Maret baru genap 1 tahun jadi masih lucu-lucunya, itupun kalo lagi kumat rewelnya rasanya kepala nyut-nyutan..


Tuhan telah menganugerahi buah hati yang menjadi idaman setiap orang yang kurang beruntung..tapi kami seringkali menghadapi dengan tidak sabar. Tapi kedua orangtua yang tidak seberuntung kami, memperlakukan anak-anaknya yang kurang beruntung pula keadaannya, lebih sabar,bijak dan penuh kasih..


Tak cuma orangtua si anak hyperaktif itu..orangtua Bilqis contohnya, bayi yang penderitaannya merebut simpati jutaan orang dan banyak orangtua lainnya..MEREKA ADALAH MANUSIA HEBAT!! Mereka mungkin tidak pakai baju mewah, tidak bisa bicara dengan gaya memukau orang, tidak memiliki kepintaran untuk menciptakan ini dan itu..tapi satu yang mereka miliki lebih dari manusia lainnya: MEREKA PUNYA HATI, CINTA KASIH DAN PERJUANGAN YANG LUAR BIASA.
mamaku..mama Maria Fransiska..salah satu manusia terhebat dalam hidupku....Love U Mama..Thank U for everything..

Dan mereka mengingatkan aku pada Mamaku. Seorang wanita BIASA..dengan hati dan ketegaran LUAR BIASA. Dan aku bangga.,.telah lahir dari salah satu MANUSIA HEBAT yang pernah aku kenal.. Mamaku adalah orang yang pasti akan berkata 'tidak lapar' supaya anaknya bisa kenyang. Wanita yang menghabiskan seluruh hidupnya untuk mengabdi pada keluarga terutama buah hatinya. Wanita yang saat sedang sekarat melawan kanker tanpa daya, masih bisa ingat untuk memberikan ongkos bagi saudara yang kurang mampu yang saat itu sedang menengoknya..Bangganya aku lahir dari rahim MANUSIA HEBAT..


Semoga catatan kecil sederhana ini bisa mengingatkan kita..betapa Cinta kasih dan Kelembutan hati bisa bermakna jauh lebih hebat dan kuat dari harta, otak dan otot. Karena semua itu berasal dari Tuhan..Dan seandainya sepersepuluh saja manusia di dunia ini menjadi hebat dalam Cinta Kasih..Dunia pasti akan jauh lebih Indah.. God Bless Us...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar